Panel Surya / Solar Panel Jenis dan Manfaat

Solar Cell / Panel Surya

Jenis dan Manfaat Panel Surya

Panel Surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Panel surya juga memiliki lapisan anti reflektif yang menahan sinar matahari yang datang sehingga tidak terpantul kembali.

Panel Surya inilah yang membedakannya dengan material lain. Jadi, walaupun sekilas terlihat seperti kaca, namun tidak ada energi yang terpantul kembali. Sistem inilah yang disebut dengan nama photovoltaic. Sistem ini berasal dari kata photo yang berarti cahaya, dan volt yang berarti tegangan listrik. Maka sistem photovoltaic adalah mengubah energi cahaya menjadi energi listrik.

Panel surya tidak bekerja sendiri untuk menyimpan energi listrik yang sudah dihasilkan. Ketika pemasangan panel, maka akan dipasang juga baterai solar cell yang berguna untuk menyimpan energi yang sudah dihasilkan oleh panel.

Tersedia Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline Solana dari  : 

  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 50WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 100WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 150WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 200WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 250WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 300WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 400WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 450WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 500WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 550WP Solana
  • Solar Panel / Panel Surya Monocrystalline 600WP Solana

Jenis Panel Surya

  • Monocrystalline merupakan panel surya yang di anggap paling efisien, ia dapat menghasilkan daya listrik dengan persatuan luas yang paling tinggi serta memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Kelemahan panel jenis ini adalah tidak dapat berfungsi baik di tempat yang cahaya mataharinya kurang. Efisiensi panel surya jenis ini akan menurun secara drastis dalam cuaca berawan.
  • Polycrystalline memiliki susunan kristal yang acak. Tipe ini memerlukan luas permukan yang lebih besar dibandingkan dengan monokristalin jika untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Akan tetapi, jenis panel surya ini tetap dapat menghasilkan listrik dalam berbagai kondisi cuaca bahkan pada saat mendung sekalipun.

Jika berbicara panel surya, tentu yang akan sangat berpengaruh adalah iklim. Iklim inilah yang kemudian menjadi penentu cocok atau tidaknya panel surya di suatu wilayah. Untuk Indonesia sendiri, meskipun berada di titik equador dan mendapatkan sinar matahari yang panjang setiap tahunnya, Indonesia tetaplah negara tropis. Dimana ciri khas iklim tropis adalah selain mendapatkan paparan sinar matahari yang tinggi, juga mendapatkan curah hujan yang tinggi pula. Bahkan beberapa titik timur Indonesia merupakan salah satu tempat terbasah di dunia. Oleh karena itu, pemilihan jenis panel surya yang paling cocok adalah jenis Polycrystalline. Meskipun efisiensi jenis Polycrystalline ini lebih rendah dari Monocrystalline pada saat kondisi matahari terik, tetapi jenis efisiensi Polycrystalline akan tetap stabil pada cuaca berawan/ mendung.

Sinar Berkat Menyediakan Panel Surya (Solar Panel) dari ukuran kecil sampai dengan ukuran besar.

Untuk Informasi lebih lanjut, Segera hubungi tim marketing kami melalui kontak :

SINAR BERKAT SURYA JAKARTA

Tlp/WA : 081290055216

EMAIL  : Official@sinarberkat.co.id