Solana Surya Panel Mono Black 12V-100WP

Solana Surya Panel Black Mono 12V-100WP
Voltage at Pmax (Vmp):18.3V
Current at Pmax (Imp):5.47A
Open Circuit Voltage (Voc):22.1V
Short Circuit Current (Isc):5.81A
Dimensi (cm):800 x 970 x 30
Berat (kg):6.1

 

      Solar cell monokristalin adalah salah satu jenis solar cell yang paling efisien dan sering digunakan dalam teknologi panel surya modern. Berbeda dengan solar cell polikristalin atau amorf (thin-film), solar cell monokristalin terbuat dari satu kristal silikon tunggal yang secara konsisten memiliki struktur atom yang seragam dan teratur. Keunggulan utama dari solar cell monokristalin meliputi efisiensi tinggi, daya tahan yang baik, dan penampilan yang estetis.

1. Efisiensi Tinggi : Salah satu keunggulan utama solar cell monokristalin adalah efisiensinya yang tinggi. Dibandingkan dengan solar cell polikristalin atau amorf, solar cell monokristalin cenderung memiliki tingkat konversi energi matahari yang lebih tinggi menjadi listrik. Ini berarti mereka dapat menghasilkan lebih banyak listrik dari luas yang sama dibandingkan dengan teknologi solar cell lainnya, membuatnya lebih efektif dalam memanfaatkan energi matahari yang tersedia.

2. Performa yang Stabil : Solar cell monokristalin menunjukkan stabilitas dan keandalan yang tinggi dalam jangka panjang. Kristal tunggal dalam struktur mereka menghasilkan pengaturan elektron yang lebih baik, yang pada gilirannya menghasilkan arus listrik yang lebih konsisten. Hal ini membuat solar cell monokristalin menjadi pilihan yang baik untuk aplikasi yang membutuhkan performa yang stabil dan konsisten, seperti dalam instalasi komersial atau industri.

3. Umur Pakai yang Panjang : Solar cell monokristalin terkenal karena umur pakai yang panjang. Mereka cenderung memiliki tingkat degradasi yang lebih lambat dari waktu ke waktu dibandingkan dengan solar cell polikristalin atau jenis lainnya. Ini berarti mereka mempertahankan efisiensi dan kinerja yang tinggi dalam jangka panjang, mengurangi biaya perawatan dan penggantian dalam sistem panel surya.

4. Efisiensi Ruang Terbatas : Karena efisiensinya yang tinggi, solar cell monokristalin sangat cocok untuk aplikasi di mana ruang terbatas menjadi pertimbangan utama. Misalnya, pada atap rumah yang memiliki keterbatasan luas, menggunakan panel surya monokristalin memungkinkan untuk memaksimalkan jumlah energi yang dapat dihasilkan dari area yang terbatas.

5. Estetika : Solar cell monokristalin juga memiliki penampilan yang lebih estetis dibandingkan dengan jenis solar cell lainnya. Mereka biasanya memiliki warna hitam atau gelap dengan tampilan yang seragam, yang cocok dengan berbagai jenis arsitektur bangunan. Ini menjadikan mereka pilihan yang lebih menarik dari segi desain, terutama untuk aplikasi pada bangunan komersial atau rumah tinggal.

6. Kinerja yang Baik dalam Cuaca Buruk : Solar cell monokristalin umumnya memiliki kinerja yang baik dalam cuaca buruk atau cahaya redup karena kemampuannya untuk menangkap cahaya matahari dalam spektrum yang lebih luas. Hal ini memungkinkan mereka untuk terus menghasilkan listrik meskipun kondisi cuaca tidak ideal, seperti pada hari mendung atau pada lokasi dengan intensitas sinar matahari yang rendah.

7. Ketersediaan Teknologi Maju : Teknologi pembuatan solar cell monokristalin terus berkembang dengan pengenalan inovasi baru untuk meningkatkan efisiensi dan performa mereka. Ini termasuk penggunaan bahan tambahan atau teknik produksi yang lebih canggih untuk memaksimalkan potensi energi matahari yang dapat dikonversi menjadi listrik.

     Dengan keunggulan-keunggulannya yang mencakup efisiensi tinggi, daya tahan yang baik, dan penampilan estetis, solar cell monokristalin tetap menjadi pilihan populer dalam industri panel surya. Penggunaan yang luas dalam aplikasi komersial, industri, dan residential menunjukkan bahwa teknologi ini tidak hanya efektif secara teknis tetapi juga ekonomis dan ramah lingkungan dalam jangka panjang.