Solar Charger Controller - Distributor Panel Surya | Lampu PJU Solar Cell

Solar Charger Controller

SOLAR CHARGER CONTROLLER (SCC , BCR, CONTROLLER)

Solar Charge Controller (SCC) pada sistem panel surya atau sering kali disebut Battery Charge Unit (BCU) atau Battery Control Regulator (BCR) adalah bagian penting dari sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Alat ini berfungsi sebagai regulator tegangan untuk arus yang dapat menjaga baterai/aki dari pengisian yang berlebihan. Hal itu untuk mengoptimalkan sistem dan menjaga masa pakai baterai / aki dapat di maksimalkan.

Beberapa kondisi yang dapat dilakukan oleh Solar Charge Controller (SCC) yaitu mengendalikan tegangan panel surya, mengawasi tegangan baterai, dan menghentikan arus terbalik pada malamhari.

Solar Charger Controller
Solar charger Controller / SCC / BCU

Ada 2 (dua) jenis tipe Solar Charger Controller (SCC/BCU/BCR) pada sistem PLTS yaitu :

  • PWM (Pulse Width Mudolation) teknologinya lebih sederhana serta lebih murah dari pada pengontrol MPPT. Pengontrol PWM mengatur aliran energy ke baterai dengan mengurangi arus secara bertahap, yang disebut “modulasi lebar pulsa”. Saat baterai penuh, pengontrol pengisian PWM terus memasok sedikit daya untuk menjaga baterai tetap penuh. Pengontrol PWM paling baik untuk aplikasi skala kecil karena sistem panel surya dan baterai harus memiliki voltase yang sesuai. Penggunaan PWM tidak disarankan pada instalasi yang lebih besar.
  • MPPT (Maximum Power Point Tracking) efisiensinya diatas PWM dalam hal memanfaatkan penuh daya panel surya untuk mengisi daya baterai. MPPT membatasi outputnya untuk memastikan baterai tidak diisi secara berlebihan. Pengontrol MPPT akan memantau dan menyesuaikan energi yang masuk untuk mengatur arus sistem tenaga surya Anda. Pengontrol MPPT menurunkan voltase dan meningkatkan arus. Sebagai hasilnya, output keseluruhan akan meningkat dan Anda akan mendapatkan efisiensi 90% atau lebih tinggi. Pengontrol MPPT lebih umum digunakan saat ini. Misalnya, jika mendung, MPPT akan mengurangi jumla harus yang diambil untuk mempertahankan tegangan yang diinginkan pada output panel. Ketika cuaca cerah, MPPT akan kembali menerima lebih banyak arus dari panel surya.

Pemilihan Solar Charger Controler PWM atau MPPT tergantung dari sistem PLTS yang akan dipasang.

 

Info lebih lanjut dapat menghubungi kami:

SINAR BERKAT

TLP/WA: 081290055216

EMAIL  : official@sinarberkat.co.id